Hormon yang Mengatur Rasa Lapar dan Kenyang
Lifestyle

Rasa lapar yang timbul dan tidak diatasi dengan benar ternyata bisa menaikkan berat badan, begini cara-cara mengatasinya.

WowKeren - Di dalam tubuh manusia terdapat dua hormon yang mengontrol rasa lapar, kenyang, berat badan dan bahkan kualitas tidur kita. Dua hormon yang sering disebut dengan hormon lapar itu adalah hormon leptin dan ghrelin.

Meski bertugas untuk mengatur rasa kenyang, lapar dan juga berat badan kita, nyatanya masih ada juga orang yang mengalami kenaikan berat badan parah bahkan obesitas. Lantas, bagaimana sebenarnya cara kerja kedua hormon tersebut?

Hormon leptin merupakan hormon yang mengatur rasa kenyang dalam tubuh kita. Hormon tersebut bertugas mengirimkan sinyal saat tubuh telah merasa kenyang dan harus berhenti makan.

Sementara itu, hormon ghrelin merupakan hormon yang mengatur rasa lapar dalam tubuh. Ia akan mengirimkan sinyal saat tubuh memerlukan makanan. Hormon ini banyak diproduksi di perut dan akan dilepaskan jika kamu tidak makan selama beberapa saat. Ghrelin akan memuncak selama 4 jam dan setara dengan waktu sarapan, makan siang, dan makan malam.

Saat berat badanmu turun karena sedang berdiet, hormon leptin juga akan menurun. Akibatnya, kamu akan merasa lebih lapar dari biasanya sehingga kamu juga merasa ingin makan lebih banyak dari biasanya.

Namun, kejadian yang tidak semestinya juga bisa terjadi. Misalanya saat kamu mengalami apa yang dinamakan resistensi leptin. Hal itu terjadi saat kamu terus-terusan mengonsumsi makanan.

"Kamu berpikir bahwa jika kamu banyak makan, maka kamu tidak akan lapar. Akan tetapi, hal sebaliknya justru terjadi," ungkap Cohn dilansir Health pada Rabu (15/8). "Bahkan jika masih ada leptin, hormon itu mungkin tidak benar-benar berfungsi dan akan mencegahmu tahu bahwa tubuh sebenarnya sudah kenyang.".

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait