Naniura, Makanan Khas Tapanuli Favorit Raja-Raja Batak
Kuliner

Dulu beberapa kuliner tertentu hanya bisa dinikmati oleh anggota keluarga kerajaan. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, kuliner-kuliner tersebut bisa dinikmati masyarakat luas dengan bebas.

WowKeren - Jika kamu berkunjung ke Sumatera Utara atau berwisata ke Danau Toba, tidak ada salahnya untuk mencicipi naniura. Naniura merupakan kuliner khas Tapanuli Utara yang dulunya jadi salah satu makanan favorit raja-raja Batak.

Pada awalnya naniura hanya boleh dimakan oleh para raja dan anggota kerajaan. Namun karena rasanya yang enak, semua orang pun ingin menyantap dan membuatnya dan kemudian tersebar luas.

Naniura sendiri terbuat dari ikan emas yang dimatangkan dengan cara direndam menggunakan air asam jungga atau jeruk purut. Karena dibuat tanpa proses pemasakan dengan menggunakan api, protein dalam daging ikan tetap utuh. Setelah daging ikan berubah teksturnya menjadi kenyal dan mudah disobek, ikan itu akan disiram dengan bumbu yang terdiri dari 10 macam bumbu, seperti andaliman dan kecombrang.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel