Diare Juga Rentan Terjadi di Musim Hujan dan Banjir
Health

Sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir selama beberapa hari terakhir. Jika Anda berdomisili di kawasan ibukota, sebaiknya waspadai beberapa penyakit yang rentan terjadi di musim hujan dan banjir ini dengan mengenali gejalanya.

WowKeren - Berbenah dari banjir bukan suatu hal yang mudah dilakukan. Lingkungan yang tidak langsung dibersihkan setelah banjir bisa menyebabkan kontaminasi bakteri yang terbawa banjir pada makanan yang merupakan salah satu penyebab diare. Gejala penyakit ini pun beragam. Mulai dari sakit perut singkat, tinja yang menjadi encer, frekuensi BAB jadi lebih sering hingga kram perut.

Penyakit ini tidak boleh diremehkan. Dalam kasus yang parah, penderitanya bisa mengalami demam, keluar darah pada tinja, penurunan berat badan hingga dehidrasi. Bahkan data WHO (Badan Kesehatan Dunia) menyebutkan bahwa setiap tahunnya ada hampir 2 juta anak di bawah usia 5 tahun di seluruh dunia yang meninggal karena diare. Dan 8,5 persen dari angka tersebut merupakan anak-anak dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait