Penjelasan Kemenkes Soal Penularan Corona Lewat Mata: Bukan Karena Bertatapan
Health

Seorang pakar kesehatan Tiongkok menyatakan bahwa virus Corona dapat menular lewat mata. Berbagai informasi simpang siur yang berkaitan dengan hal ini pun mulai beredar setelahnya. Lantas, apa sih kaitan antara gejala mata merah muda dengan Corona?

WowKeren - Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada banyak informasi simpang siur soal penularan Corona lewat mata. Tidak sedikit orang yang menganggap jika penularan itu terjadi karena seseorang bertatapan secara langsung dengan penderita COVID-19.

Hal ini pun menarik perhatian Endang Budi Hastuti, Kepala Sub Direktorat Penyakit Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Endang membantah informasi tersebut dan menegaskan jika penularan Corona lewat mata bukan melalui tatapan.

"Pernah dengar tidak? Itu juga ada. Jadi makanya disarankan pakai masker yang sampai menutupi mata. Tapi bukan seperti itu, tidak menular melalui tatapan mata," ujar Endang saat melakukan presentasi di gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta.

Lebih lanjut Endang menjelaskan bahwa mata tetap menjadi salah satu bagian tubuh yang rentan dimasuki oleh virus. "Kalau kita kucek-kucek mata saat tangannya kotor, terkontaminasi, bisa menular juga ke orang lain. Jadi bukan tatapannya," imbuhnya.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait