Birthday Spotlight: Happy Park Bo Gum Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Birthday Spotlight kali ini akan mengulas tentang aktor tampan Park Bo Gum yang berulang tahun pada Selasa, 16 Juni. Bintang drama 'Reply 1988' ini berusia 27 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Kali ini, tim redaksi akan mengulas perjalanan karier aktor tampan Park Bo Gum yang berulang tahun pada Selasa (16/6) lalu.

Pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing dengan sosok Park Bo Gum. Aktor kelahiran 1993 ini telah membintangi sejumlah drama dan film populer, seperti "Reply 1988", "Love in the Moonlight", "Encounter", "Bridal Mask" dan masih banyak lagi.


Tak perlu lama-lama lagi, langsung saja yuk intip seperti apa perjalanan karier Park Bo Gum sejak sebelum debut hingga kini!

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut

Park Bo Gum merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara yang lahir di Seoul, Korea Selatan, pada 16 Juni 1993. Saat masih di dalam kandungan, orangtua Park Bo Gum sempat ingin menggugurkannya karena sang ibu hamil di usia senja dan terlambat mengetahuinya.

Karena itulah ibu Park Bo Gum harus mengkonsumsi beberapa jenis obat dan mereka khawatir akan melahirkan anak yang cacat. Meski demikian, mereka memutuskan untuk mempertahankan anaknya dan memberinya nama Park Bo Gum yang berarti "Pedang yang Berharga". Sayangnya, ibu Park Bo Gum meninggal dunia saat ia duduk di bangku kelas 4 SD, sehingga ia kemudian diasuh oleh ayah dan dua kakaknya.

Saat masih SMA, Park Bo Gum dan keluarganya pernah terlilit utang akibat kebangkrutan ayahnya. Menurut laporan, ayah Park Bo Gum meminjam uang sebesar 300 juta won (sekitar Rp 3,5 miliar) di rentenir untuk mengembangkan bisnisnya. Karena menunggak, utang ayah Park Bo Gum membengkak jadi 800 juta won (sekitar Rp 9,3 miliar).

Alhasil, rentenir meminta Park Bo Gum membayar utang tersebut karena namanya digunakan sebagai penjamin. Park Bo Gum kemudian membawa kasus tersebut ke pengadilan dan menyerahkan dokumen kebangkrutan ayahnya sebagai bukti bahwa mereka benar-benar tak bisa membayar utang. Setelah melalui proses hukum yang panjang, kedua belah pihak sepakat agar Park Bo Gum membayar utang sebesar 30 juta won (sekitar Rp 350 juta).

2. Debut


Debut

Park Bo Gum pertama kali terjun ke dunia akting lewat film "Blind" yang dirilis pada tahun 2011. Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang polisi bernama Min Soo Ah (Kim Ha Neul) yang memiliki seorang adik bernama Dong Hyun (Park Bo Gum).

Karena suatu kejadian, Soo Ah yang marah memborgol adiknya di dalam mobil agar tidak kabur dan pertengkaran panas pun terjadi. Akibatnya, mereka mengalami kecelakaan dan Dong Hyun tewas di tempat. Pasca kecelakaan itu, Soo Ah mengalami kebutaan. Dia juga merasa sangat bersalah dengan kematian adiknya dan kariernya sebagai polisi berakhir.

Meskipun film "Blind" tak langsung melambungkan namanya, Park Bo Gum sukses mendapatkan beberapa proyek setelahnya. Pada tahun 2012 ia dipercaya untuk menjadi salah satu pemeran pendukung di drama spesial KBS "Still Picture", drama OCN "Hero" serta "Bridal Mask" yang tayang di KBS. Masih di tahun yang sama, Park Bo Gum berkesempatan membintangi film yang berjudul "Runway Cop" sebagai versi muda dari pemeran utama pria.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Bisa dibilang tahun 2015 dan 2016 merupakan puncak karier Park Bo Gum yang membuat namanya semakin dikenal luas. Pada tahun 2015 ia berpartisipasi dalam drama KBS yang berjudul "Hello Monster" sebagai psikopat bernama Jung Sun Ho. Berkat keterampilan aktingnya dalam drama ini, Park Bo Gum diganjar dua piala sekaligus dalam ajang penghargaan KBS Drama Awards 2015 untuk kategori Best Supporting Actor dan Popularity Actor Award.

Setelah membintangi "Hello Monster", Park Bo Gum dipercaya menjadi pemeran utama dalam drama hit tvN "Reply 1988". Ia berperan sebagai Choi Taek, seorang master baduk yang sangat polos dan pemalu. Meski demikian, dia adalah seorang pria yang sangat berterus terang jika di depan cintanya, Sung Duk Sun (Hyeri).

"Reply 1988" bisa dibilang mengalami kesuksesan luar biasa karena memenangkan banyak penghargaan dan diminati oleh banyak orang, baik di Korea maupun luar negeri. Berkat drama ini, Park Bo Gum berhasil mendapatkan dua penghargaan individu yakni Best New Actor di ajang APAN Star Awards 2016 dan Instyle Best Style di Baeksang Arts Awards 2016.

Drama sukses Park Bo Gum lainnya yang tayang di tahun 2016 adalah "Love in the Moonlight". Dalam drama sejarah bergenre romansa ini Park Bo Gum ditunjuk sebagai pemeran utamanya yang bernama Pangeran Lee Young.

Seperti halnya "Reply 1988", "Love in the Moonlight" juga mendapatkan banyak piala penghargaan. Di antara piala individu yang diterima Park Bo Gum lewat perannya dalam drama ini adalah Best Actor, Netizen Award dan Best Couple Award (bersama Kim Yoo Jung) dalam ajang KBS Drama Awards 2016 serta penghargaan Most Popular Actor dalam ajang Baeksang Arts Awards 2017.

4. Kehidupan Asmara


Kehidupan Asmara

Selama perjalanan kariernya di industri hiburan, Park Bo Gum sempat beberapa kali dirumorkan berkencan dengan selebriti. Pertama adalah Irene Red Velvet. Keduanya digosipkan dekat setelah menjadi MC di program KBS "Music Bank". Chemistry dan kedekatan mereka membuat publik berpikir jika keduanya memiliki hubungan khusus di luar pekerjaan. Meski demikian, baik Irene maupun Park Bo Gum sama-sama membantah rumor kencan tersebut.

"Aku tidak berpikir ada rumor kencan. Park Bo Gum memiliki sikap dan perilaku yang baik. Ketika kita berada di tangga, ia menggenggam tanganku dan membantuku turun," ujar Irene saat hadir di "Radio Star" pada tahun 2016.

"Irene dan aku bekerja sama dengan baik, tapi kami tidak sedekat itu untuk saling menghubungi satu sama lain. Aku bahkan tidak tahu nomor telepon Irene," jelas Park Bo Gum kala itu.

Selebriti berikutnya yang pernah dirumorkan berkencan dengan Park Bo Gum adalah Hyeri. Chemistry keduanya yang terjalin saat membintangi "Reply 1988" sukses membuat penggemar baper hingga berpikir kalau mereka sedang berkencan. Pendapat tersebut diperkuat dengan kesamaan pakaian yang dikenakan oleh Hyeri dan Park Bo Gum dalam beberapa kesempatan serta postingan akun Instagram Hyeri yang diduga ditujukan untuk Park Bo Gum.

Meski demikian, rumor tersebut akhirnya berlalu setelah Hyeri dikonfirmasi berpacaran dengan Ryu Jun Yeol. Kabar ini cukup mengejutkan sebab keduanya menjadi dekat dan cinlok setelah membintangi "Reply 1988", di mana Ryu Jun Yeol menjadi second lead. Sehingga meskipun dalam drama itu Hyeri happy ending dengan Park Bo Gum, dalam kehidupan nyata Ryu Jun Yeol-lah yang sukses memenangkan hatinya.

Aktris berikutnya yang pernah dirumorkan kencan dengan Park Bo Gum adalah Kim Yoo Jung. Seperti yang diketahui, keduanya menjadi dekat setelah dipasangkan dalam drama hit "Love in the Moonlight". Sikap manis dan kedekatan keduanya saat syuting membuat banyak penggemar menginginkan mereka benar-benar pacaran.

Saking banyaknya rumor kencan yang menerpa, Kim Yoo Jung bahkan mengungkapkan kalau ibu dan kakaknya sempat bertanya apakah benar dia tidak menyukai Park Bo Gum. Meski demikian, Kim Yoo Jung akhirnya mengklarifikasi rumor tersebut dengan mengatakan kalau dia hanya menganggap Park Bo Gum sebagai seorang oppa yang baik.

Yang terbaru, Park Bo Gum sempat dirumorkan kencan dengan Song Hye Kyo setelah keduanya membintangi drama "Encounter". Rumor ini sempat menjadi kontroversi, pasalnya Park Bo Gum dituding sebagai orang ketiga dalam rumah tangga Song Hye Kyo dan Song Joong Ki.

Menyikapi isu yang beredar, agensi Park Bo Gum, yakni Blossom Entertainment langsung mengklarifikasinya. Agensi menjelaskan jika rumor tersebut sangat menyakiti aktornya dan siap mengambil tindakan hukum bagi penyebar hoax dan para haters.

Park Bo Gum dan Song Joong Ki sendiri diketahui bersahabat baik. Pada saat itu mereka tidak hanya dinaungi oleh agensi yang sama, namun juga pernah membintangi iklan bareng. Bahkan saat menghadiri pernikahan Song Joong Ki, Park Bo Gum terlihat menangis haru.

5. Kontroversi


Kontroversi

Pada tahun 2017 lalu Park Bo Gum sempat terlibat kontroversi yang membuat berang netizen Korea. Hal ini bermula ketika Park Bo Gum mengunggah poster di Twitter untuk mempromosikan acara berdoa bersama di gerejanya, Jesus Centered Church.

Gereja yang biasa dikunjunginya sejak kecil itu dianggap sebagai tempat berkumpul para penganut ajaran sesat. Bahkan gereja ini terus dikritik karena berhubungan dengan mantan Presiden Korea Selatan, Park Geun Hye, yang dipaksa turun karena kasus penyelewengan dan korupsi.

Meski tampak tidak terusik dengan kontroversi tersebut, Park Bo Gum sempat memberikan klarifikasi dengan mengatakan bahwa dia adalah seorang Kristiani normal seperti yang lainnya. Park Bo Gum menyayangkan kritikan netizen yang menuding gerejanya menyebarkan aliran sesat. Ia juga mengatakan jika namanya sekarang merupakan pemberian dari seorang Pastor di gereja tersebut.

Tak hanya Park Bo Gum, sang ayah juga turut menanggapi kontroversi tersebut dengan mengatakan jika keluarganya telah mendapat keajaiban melalui pastor di gereja tersebut. Hal ini berkaitan dengan keselamatan nyawa Park Bo Gum saat masih bayi.

Menurut penuturan sang ayah, Park Bo Gum sering sakit-sakitan saat masih bayi. Kondisinya terus memburuk dan sering keluar masuk rumah sakit. Namun setelah sang ayah melakukan semua yang disarankan pastor, Park Bo Gum akhirnya muntah darah hitam dan kembali sehat dalam waktu kurang dari seminggu.

Kejadian serupa terulang saat Park Bo Gum berusia enam tahun. Dokter menyarankan agar dia melakukan operasi hernia. Namun dengan doa dan perawatan pastor di gereja tersebut, Park Bo Gum dapat sembuh hanya dalam waktu dua bulan.

Setelah mendengar klarifikasi tersebut, netizen tetap saja merasa tidak puas. Mereka berkata tidak masalah apa agama yang dianut Park Bo Gum, namun mereka menyayangkan sikap Park Bo Gum yang membuat postingan ajakan tentang agama di media sosial. Pasalnya Park Bo Gum memiliki banyak penggemar remaja yang bisa mengikuti keyakinannya dengan mudah setelah melihat postingan tersebut.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Park Bo Gum saat ini sedang disibukkan syuting untuk dua proyek barunya. Pertama adalah drama tvN berjudul "Record of Youth" yang dijadwalkan tayang pada paruh kedua 2020. Dalam drama ini dia beradu akting dengan aktris cantik Park So Dam.

"Record of Youth" sendiri merupakan drama yang mengisahkan tentang pertumbuhan anak muda di dunia modelling. Dalam drama ini Park Bo Gum berperan sebagai Sa Hye Joon. Dia digambarkan sebagai pemuda yang tampan, cerdas dan baik hati.

Meskipun telah menjadi model yang populer, Sa Hye Joon tetap bercita-cita menjadi aktor. Karena itulah dia mengikuti banyak audisi agar bisa mendapatkan peran akting. Sayangnya, Sa Hye Joon kerap mengalami kegagalan dan belum bisa menjadi aktor.

Selain drama "Record of Youth", Park Bo Gum juga tengah disibukkan dengan aktivitas syuting film "Wonderland". Film ini mengusung cerita soal dunia virtual bernama Wonderland. Di dunia itu, seseorang bisa meminta bertemu dengan orang yang dirindukannya.

Beberapa waktu lalu Park Bo Gum terlihat sedang syuting adegan kencan dengan Suzy untuk film ini. Dalam film ini mereka digambarkan sebagai sepasang kekasih berusia dua puluhan.

"Wonderland" sendiri digarap oleh sutradara Kim Tae Yong yang sebelumnya pernah memimpin produksi film "Late Autumn". Sejumlah aktor populer juga telah dikonfirmasi membintangi film ini. Mulai dari aktris Tiongkok Tang Wei, Gong Yoo, Choi Woo Shik hingga Jung Yu Mi. Jika sesuai dengan rencana, film ini akan tayang pada paruh pertama tahun 2021 mendatang.

You can share this post!

Related Posts