Sajian Idul Adha Jadi Lebih Nikmat, Ini 8 Cara Menghilangkan Bau Prengus pada Daging Kambing
rula.co.id
Kuliner
Idul Adha di Tengah Corona

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan bau prengus atau aroma tak sedap pada daging kambing. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Hari Raya Idul Adha akan segera tiba. Di momen ini, stok daging biasanya akan melimpah, entah itu daging sapi atau kambing. Daging sapi sendiri tidak memiliki aroma yang begitu menyengat, berbeda dengan daging kambing yang memiliki aroma sangat kuat atau yang biasa disebut dengan prengus.

Aroma itulah yang membuat orang enggan menyantap daging kambing dan lebih memilih daging sapi. Padahal daging kambing tak kalah lezat dengan daging sapi. Manfaatnya bagi kesehatan juga sangat banyak, karena daging kambing kaya akan protein, rendah kalori, kaya akan kalium, zat besi, vitamin B12 dan masih banyak lagi.

Itulah kenapa sayang banget jika kita melewatkan makan daging kambing hanya karena bau prengusnya. Sebab jika diolah dengan benar, bau tersebut bisa hilang dengan mudah. Penasaran bagaimana caranya? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Singkirkan Lemaknya


Singkirkan Lemaknya

Tips pertama yang harus Anda lakukan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing adalah dengan menyingkirkan lemaknya. Hal ini dikarenakan aroma prengus paling kuat berasal dari lemak, sehingga semakin sedikit lemak maka semakin lemah baunya.

Untuk membuang lemak tersebut, Anda hanya perlu mengirisnya. Agar lebih mudah, sebaiknya letakkan daging kambing di lemari es agar lebih dingin. Jika lapisannya membeku, maka Anda bisa mengirisnya dengan lebih mudah.

2. Jangan Dicuci


Jangan Dicuci
Twitter

Kebanyakan kita akan mencuci daging kambing terlebih dahulu sebelum mengolahnya. Namun jika ingin menghilangkan bau prengusnya, usahakan untuk langsung merebus daging tersebut tanpa mencucinya terlebih dahulu.

Meski terdengar tidak higienis, cara ini ampuh untuk menghilangkan bau prengus serta membuat tekstur daging menjadi lebih lembut. Setelah merebusnya, Anda hanya perlu membuang air rebusannya lalu mengolah daging kambing menjadi masakan.

3. Lumuri dengan Jeruk Nipis


Lumuri dengan Jeruk Nipis

Untuk menghilangkan bau prengus daging kambing, Anda dapat menggunakan jeruk nipis. Pasalnya jeruk nipis dikenal dapat menghilangkan bau amis, membasmi bakteri yang menempel pada daging kambing serta melunakkan teksturnya.

Cara penerapannya pun cukup mudah. Pertama, lumuri daging kambing mentah dengan perasan jeruk nipis atau Anda bisa merendamnya ke dalam mangkok perasan jeruk nipis. Diamkan selama 30 sampai 60 menit kemudian olah daging kambing seperti biasa.

4. Taburi Garam


Taburi Garam
Pixabay

Garam dikenal sebagai salah satu bumbu dapur dengan banyak manfaat. Selain untuk menambah rasa sedap pada masakan, garam ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing sebab garam akan meresap dan menetralkan bau darah yang melekat.

Caranya pun sangat mudah, sebab Anda hanya perlu melumuri atau menaburi daging kambing dengan garam secara merata. Setelah itu, diamkan daging kambing selama kurang lebih satu jam. Jika sudah, Anda bisa memasaknya seperti biasa.

5. Marinasi dengan Nanas Muda


Marinasi dengan Nanas Muda
Pixabay

Jika Anda memiliki buah nanas berlebih di rumah, sebaiknya manfaatkan sebagian untuk marinasi daging kambing. Nanas dapat digunakan untuk melembutkan serat pada daging serta menghilangkan bau prengus yang melekat padanya.

Caranya sangat mudah. Pertama-tama parut daging nanas muda lalu letakkan pada wadah khusus. Letakkan potongan daging kambing ke dalamnya sampai terendam sempurna. Setelah itu diamkan selama 10 sampai 30 menit sebelum mengolahnya menjadi masakan.

6. Beri Potongan Jahe


Beri Potongan Jahe
Pixabay

Cara menghilangkan bau prengus daging kambing berikutnya adalah dengan menggunakan jahe. Hal ini dikarenakan jahe memiliki kandungan enzim proteolitik yang mampu memecah protein di dalam daging kambing sehingga dapat mengatasi bau tidak sedap.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ada beberapa langkah mudah yang harus Anda lakukan. Pertama parut jahe sampai halus lalu campurkan pada daging kambing yang akan diolah. Namun jika Anda berniat memasaknya sebagai semur, sebaiknya jangan menggunakan cara ini. Sebab jahe dapat merubah cita rasa khas dari semur yang akan Anda masak.

7. Bungkus dengan Daun Pepaya


Bungkus dengan Daun Pepaya
diahdidi.com

Cara ini bisa dibilang cukup tradisional karena telah diterapkan oleh masyarakat sejak lama. Daun pepaya memiliki kandungan enzim yang dapat menghilangkan bau tak sedap pada daging kambing serta melembutkan teksturnya.

Cara penerapannya pun sangat mudah. Pertama-tama cuci bersih daun pepaya yang akan digunakan atau lap menggunakan kain. Setelah itu letakkan daging kambing yang telah dipotong ke atas daun pepaya lalu bungkus sampai tertutup rapat. Diamkan selama satu jam kemudian olah menjadi masakan seperti biasa.

8. Rebus dengan Lobak atau Kacang Hijau


Rebus dengan Lobak atau Kacang Hijau
legit.ng

Ada beberapa bahan yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bau prengus daging kambing yakni lobak dan kacang hijau. Lobak memiliki kandungan kadar kolin yang rendah sehingga dapat menghilangkan bau tak sedap pada daging kambing. Cara mengolahnya sangat mudah, sebab Anda hanya perlu merebus daging kambing dengan potongan lobak selama setengah jam.

Sedangkan cara menghilangkan bau prengus dengan kacang hijau adalah untuk satu kilogram daging kambing, sebaiknya rebus dengan lima gram kacang hijau. Rebus selama 15 menit kemudian tiriskan dan masak daging kambing seperti biasa.

Demikian delapan tips menghilangkan bau prengus daging kambing yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips memilih daging hewan qurban yang baik. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips menyimpan daging yang melimpah agar awet dan tetap berkualitas.

You can share this post!

Related Posts