Birthday Spotlight: Happy Song Hye Kyo Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Birthday Spotlight kali ini akan mengulas riwayat hidup dan perjalanan karier aktris cantik Song Hye Kyo yang akan berulang tahun pada hari Minggu (22/11) besok. Bintang drama 'Full House' ini akan berusia 39 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Untuk merayakan ulang tahun Song Hye Kyo yang akan berlangsung pada hari Minggu (22/11) besok, tim redaksi akan mengulas tentang riwayat hidup dan perjalanan karier aktris cantik satu ini.

Pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing dengan nama Song Hye Kyo. Wanita cantik satu ini telah wara-wiri di sejumlah drama dan film populer Korea Selatan. Misalnya seperti drama "Autumn in my Heart", "Full House", "Worlds Within", "That Winter, The Wind Blows", "Descendants of the Sun" dan masih banyak lagi.

Tak perlu lama-lama lagi, langsung saja yuk intip seperti apa perjalanan karier Song Hye Kyo di industri hiburan Korea Selatan sejak sebelum debut hingga kini!

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut

Song Hye Kyo lahir pada 22 November 1981 di Distrik Dalseo, Daegu, Korea Selatan. Namun Song Hye Kyo sakit-sakitan sejak lahir hingga orangtuanya sempat berpikir bahwa dia tidak akan bertahan. Hal inilah yang membuat kelahiran Song Hye Kyo baru didaftarkan pada 26 Februari 1982.

Meski berhasil bertahan, Song Hye Kyo harus menelan pil pahit perceraian orangtuanya. Ia kemudian mengikuti sang ibu dan mulai tinggal di Gangnam. Karena perceraian tersebut, Song Hye Kyo kecil menjadi pribadi yang tertutup dan kesulitan untuk menunjukkan emosinya.

"Ibu dan ayahku kerap bertengkar hebat saat aku masih kecil sehingga aku terus menerus diam. Aku merasa semuanya akan hancur jika aku ikut berteriak juga. Aku tidak bisa bahkan untuk bercerita kepada orang lain saat masih kecil. Mungkin saat itu aku ingin, namun tidak tahu caranya. Sebenarnya memalukan juga. Aku rasa ketakutan tidak mendapat respon seperti yang aku ingin dari orang lain yang membuatku terus diam," ungkap Song Hye Kyo dalam suatu wawancara.

Beranjak dewasa, Song Hye Kyo tumbuh menjadi gadis yang lebih mudah berkomunikasi. Bahkan menurut salah satu guru SMA-nya, Song Hye Kyo merupakan siswi ceria yang selalu memiliki mood menyenangkan. Karena itulah dia dapat bergaul dengan baik di sekolah.

2. Debut


Debut
MBC

Sebelum terjun ke dunia hiburan, Song Hye Kyo pernah ingin menjadi atlet ice skating. Namun pada akhirnya dia melepas impian tersebut dan fokus berkarier di dunia hiburan. Hingga pada tahun 1996, dia terpilih menjadi model seragam sekolah setelah memenangkan kontes model SunKyung Smart.

Setelah didapuk sebagai model di usia yang sangat belia, Song Hye Kyo mendapat kesempatan untuk debut dalam drama yang berjudul "First Love". Meskipun hanya peran kecil, ia mampu menunjukkan akting mumpuni hingga dipercaya untuk tampil dalam beberapa drama lain.

Tak hanya itu, Song Hye Kyo remaja bahkan berhasil mendapatkan penghargaan Best New Actress in a Sitcom dalam ajang SBS Drama Awards 1998. Penghargaan ini ia peroleh untuk penampilannya dalam sitkom "Soonpoong Clinic".

3. Puncak Karier


Puncak Karier
KBS

Ada beberapa drama yang menempatkan Song Hye Kyo di puncak kariernya. Beberapa drama ini tak hanya melambungkan namanya, namun juga sukses membuat sang aktris menerima berbagai penghargaan bergengsi, termasuk untuk kategori Daesang (Penghargaan Utama) dan Best Actress.

Empat tahun sejak debut, nama Song Hye Kyo benar-benar melejit setelah membintangi drama KBS2 "Autumn in my Heart" atau "Endless Love" bersama Song Seung Heon. Meskipun drama ini menghadirkan banyak kisah sedih dan akhir memilukan, "Autumn in my Heart" sangat populer di Korea dan Asia. Bahkan drama ini bisa dianggap sebagai pelopor Hallyu atau Korean Wave di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

Drama Song Hye Kyo berikutnya yang sangat meledak di pasaran adalah "Full House" yang tayang pada 2004. Drama ini bercerita tentang pernikahan kontrak antara penulis bernama Han Ji Eun (Song Hye Kyo) dengan aktor populer Lee Young Jae (Rain). Meski sempat saling kesal dan membenci saat tinggal satu atap, mereka akhirnya mengembangkan perasaan tulus pada satu sama lain dan menjalani pernikahan yang sesungguhnya.

Di tahun 2013, Song Hye Kyo kembali terlibat dalam drama sukses yang berjudul "That Winter, The Wind Blows". Meski tak sesukses "Full House", akting Song Hye Kyo dalam drama ini membuatnya banjir apresiasi. Ia bahkan berhasil membawa pulang beberapa piala bergengsi, salah satunya adalah Daesang di ajang APAN Star Awards ke-2.

Tiga tahun kemudian tepatnya pada 2016, Song Hye Kyo membintangi drama populer "Descendants of the Sun" yang lagi-lagi melejitkan namanya. Dalam drama ini dia berperan sebagai dokter cantik bernama Kang Moo Yeon yang terlibat hubungan asmara dengan tentara ganteng bernama Yoo Shi Jin (Song Joong Ki). Melalui drama ini, Song Hye Kyo mendapatkan banyak sekali penghargaan bergengsi, termasuk di antaranya adalah Daesang di ajang KBS Drama Awards 2016 dan President's Award di ajang Korean Popular Culture & Arts Awards 2016.

4. Kehidupan Asmara


Kehidupan Asmara
Star Daily News

Kehidupan asmara Song Hye Kyo memang sangat menarik untuk dibahas. Sebelum menikah dan bercerai dengan Song Joong Ki, dia beberapa kali digosipkan menjalin kasih dengan lawan mainnya. Namun hanya ada tiga aktor yang pernah dikonfirmasi memiliki hubungan asmara dengannya yakni Lee Byung Hun, Hyun Bin dan Song Joong Ki.

Pada tahun 2003, Song Hye Kyo dan Lee Byung Hun dipasangkan dalam drama SBS "All In". Meski terpaut usia 11 tahun, keduanya mampu membangun chemistry dengan baik hingga drama ini berhasil meraih rating yang tinggi. Hubungan keduanya pun berlanjut ke dunia nyata dan mereka mulai berani go public. Sayangnya, kedua bintang ini memutuskan untuk mengakhiri hubungannya pada tahun 2004 tanpa menyebutkan alasan yang jelas.

Enam tahun kemudian tepatnya pada 2009, Song Hye Kyo kembali mengkonfirmasi hubungannya dengan salah satu aktor ternama, yakni Hyun Bin. Keduanya memutuskan untuk berpacaran setelah terlibat cinta lokasi dalam drama "Worlds Within". Saking populernya, saat itu mereka dianggap sebagai pasangan yang paling serasi. Sayang, hubungan mereka harus kandas dua tahun kemudian dengan alasan jadwal yang padat dan kesulitan berkomuikasi. Kabar tersebut diumumkan tak lama setelah Hyun Bin mendaftar wajib militer.

Pria berikutnya yang dikonfirmasi menjalin hubungan asmara dengan Song Hye Kyo adalah Song Joong Ki. Banyak yang mengira jika pasangan yang dikenal dengan Song Song Couple ini mulai mengembangkan perasaannya sejak syuting bersama dalam "Descendants of the Sun". Namun menurut keterangan seorang kenalan dekat, keduanya mulai memiliki perasaan pada satu sama lain sebelum drama ini tayang.

"Keduanya mulai jatuh cinta pada akhir Februari sebelum syuting 'Descendants of the Sun'. Drama tersebut mulai syuting pada pertengahan tahun 2015 dan ditayangkan setelah proses syuting selesai," terang kenalan dekat Song Joong Ki dan Song Hye Kyo.

Meski demikian, Song Joong Ki dikabarkan telah jatuh cinta pada Song Hye Kyo sejak awal 2013. Kala itu Song Joong Ki mendatangi lokasi syuting "That Winter, The Wind Blows" yang dibintangi oleh Song Hye Kyo dan sahabat Song Joong Ki, Jo In Sung. Setelah itu keduanya kembali dipertemukan dalam drama "Descendants of the Sun" dan kisah mereka benar-benar dimulai setelah melakukan pembacaan naskah pertama.

Selama tujuh bulan syuting, perasaan mereka semakin berkembang dan keduanya tak segan untuk menunjukkan perhatian pada satu sama lain. Bahkan pasangan ini tidak pernah berusaha menutupi hubungannya dari orang terdekat. Mereka juga berniat memberi tahu penggemar tentang hubungannya, meski akhirnya didahului oleh Dispatch.

Setelah yakin dengan satu sama lain, pasangan ini akhirnya menikah pada 31 Oktober 2017. Keduanya menggelar pesta pernikahan tertutup di The Shilla Hotel, Jung-gu, Seoul, pada jam 4 sore waktu setempat. Sebagian besar tamu yang hadir merupakan rekan mereka di industri hiburan seperti Lee Kwang Soo, Park Bo Gum, Yoo Ah In, Cha Tae Hyun dan masih banyak lagi.

Pada Februari 2019, keduanya dikabarkan segera bercerai setelah Song Hye Kyo kedapatan tidak mengenakan cincin kawin. Beberapa bulan kemudian tepatnya pada 26 Juni 2019, Song Joong Ki resmi melayangkan gugatan cerai. Kabar perceraian ini tentu saja mengagetkan banyak pihak karena selama ini hubungan mereka kerap dijadikan sebagai relationship goals.

Selama proses perceraian tersebut, Park Bo Gum yang sempat membintangi drama "Encounter" dengan Song Hye Kyo, disebut-sebut menjadi orang ketiga dalam hubungan Song Song Couple. Namun agensi yang menaungi Park Bo Gum dan Song Joong Ki saat itu, Blossom Entertainment, dengan tegas membantah rumor dan berjanji untuk menempuh jalur hukum bagi mereka yang menyebarkan berita hoax.

Meski sempat ada isu orang ketiga, perbedaan kepribadian diungkap menjadi alasan utama Song Song Couple bercerai. Kendati demikian, mereka berkata ingin berpisah secara baik-baik dan berjanji untuk menjadi selebriti yang lebih baik lagi di masa depan.

5. Kontroversi


Kontroversi
Instagram/kyo1122

Pada 2014 lalu, nama Song Hye Kyo pernah sangat tercoreng karena tersandung masalah penggelapan pajak. Layanan Pajak Nasional yang melakukan investigasi pada seleb yang mangkir pajak mengungkapkan bahwa Song Hye Kyo tidak membayar pajak selama tiga tahun sejak 2009. Karena itulah dia diharuskan untuk melunasi pajak beserta dendanya hingga Rp 29,3 miliar.

Namun setelah diselidiki, Song Hye Kyo ternyata tidak bersalah. Sebab kasus ini murni tanggung jawab akuntan pribadinya yang menyalahgunakan laporan keuangan tanpa sepengetahuan sang aktris. Alhasil, agensi Song Hye Kyo melaporkan akuntan tersebut pada pihak yang berwajib agar ditindak secara hukum.

Kendati demikian, Song Hye Kyo tetap menyampaikan permohonan maafnya karena tidak terlalu memperhatikan masalah ini. "Aku minta maaf karena tidak terlalu memperhatikan masalah pajak ini sebagai aktris yang selalu dilihat masyarakat," ujar Song Hye Kyo kala itu.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
W Korea

Setelah menuntaskan drama "Encounter" pada awal 2019 lalu, Song Hye Kyo belum membintangi drama atau film baru. Ia tampak disibukkan dengan aktivitasnya sebgai model dan brand ambassador merek terkenal. Meski sempat diincar untuk membintangi "Hyena" dengan Joo Ji Hoon, Song Hye Kyo tiba-tiba membatalkan rencananya bermain dalam drama tersebut setelah digugat cerai Song Joong Ki.

Kini, sang aktris kembali diincar untuk membintangi drama baru yang berjudul "Now, We're Breaking Up". Jika setuju, Song Hye Kyo bakal memerankan karakter Ha Young Eun, kepala tim desain perusahaan mode. Dia adalah seorang realis berhati dingin tetapi juga cerdas dan memprioritaskan keselamatan di atas segalanya.

Kabar casting Song Hye Kyo tersebut langsung disambut antusias oleh netizen Korea Selatan. Banyak dari mereka yang berharap agar Song Hye Kyo bersedia menerima tawaran tersebut. "Heol, aku tidak sadar," tulis seorang netizen. "Dia cocok dengan karakternya," tambah yang lain. "Oh, aku menantikan pemeran utama prianya," pungkas netizen lainnya.

Drama ini sendiri akan ditulis oleh Je In ("Misty") dan disutradarai oleh Lee Gil Bok ("My Love from the Star"). Bagi kalian yang penasaran apakah Song Hye Kyo akan menerima tawaran tersebut atau tidak, sebaiknya nantikan terus informasinya di WowKeren ya.

You can share this post!

Related Posts