Birthday Spotlight: Happy D.O. Day
Selebriti

D.O. merayakan ulang tahunnya yang ke-28 (29 tahun menurut hitungan Korea) pada 12 Januari lalu.Simak perjalanan karir pelantun 'Love Shot' tersebut lewat Birthday Spotlight pekan ini.

WowKeren - Seperti pekan-pekan sebelumnya, tim redaksi WowKeren kembali mengulas perjalanan karir bintang Korea Selatan melalui rubrik mingguan Birthday Spotlight. Kali ini, idol populer yang menghiasi rubrik Birthday Spotlight adalah D.O. EXO.

D.O. merayakan ulang tahunnya yang ke-28 (29 tahun menurut hitungan Korea) pada 12 Januari lalu. Pemilik nama lengkap Do Kyungsoo itu menghabiskan ulang tahunnya kali ini dalam masa cuti liburan wajib militernya. Simak perjalanan karir D.O. mulai debut hingga kini!

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

D.O. lahir pada 12 Januari 1993 di Goyang, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Dia bersekolah di SD Goyang Poongsan, SMP Baekshin, dan SMA Baekseok. Dia memiliki kakak laki-laki bernama Do Seung-soo yang tiga tahun lebih tua darinya. D.O. mulai menyanyi di sekolah dasar dan menjadi peserta yang rajin dalam kompetisi menyanyi lokal sepanjang karir SMA-nya.

Pada tahun 2010, ia disarankan untuk mengikuti audisi SM Entertainment setelah memenangkan kontes menyanyi lokal. Dia kemudian menjadi trainee selama dua tahun terakhirnya di SMA. Dia membawakan "Anticipation" dari Na Yoon-kwon dan "My Story" dari Brown Eyed Soul di audisi SM.

2. Debut


Debut

D.O. secara resmi diperkenalkan kepada publik sebagai member EXO-K pada 30 Januari 2012 dan EXO debut dengan merilis mini album "MAMA" pada 8 April 2012. EXO-K menjalani kegiatan promosi selama kurang lebih dua bulan, namun lagu debut mereka yang berjudul sama kurang mendapat tanggapan hangat dari publik.

Meski begitu, baik EXO-K maupun "grup kembaran" mereka, EXO-M, meraih hasil yang sangat baik dalam penjualan album fisik di mana mini album "MAMA" versi Korea dan Mandarin terjual sekitar 500 ribu copy di 2012. EXO juga menjalani masa hiatus yang cukup panjang sebelum mereka comeback dengan full album pertama yang berjudul "XOXO".

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Album "XOXO" memuat title track berjudul "Wolf" yang mengantarkan EXO meraih piala kemenangan pertama mereka di acara musik. D.O. dan kawan-kawan membawa pulang trofi "Music Bank" pada 14 Juni 2013.

Pada 5 Agustus 2013, EXO merilis album repackage berjudul "Growl" di mana title track-nya sukses menjadi mega hits dan membuat mereka menjadi boy grup nasional. "Growl" juga berjasa memberikan EXO beberapa trofi Daesang dari ajang penghargaan Melon Music Awards, Mnet Asian Music Awards, Golden Disc Awards serta Seoul Music Awards.

Dan lewat album "Growl" pula EXO dinobatkan sebagai million seller dan sukses menghidupkan kembali pasar album fisik yang sempat lesu. EXO juga menjadi penyanyi pertama di Korea Selatan yang berhasil menjual satu juta copy album dalam 12 tahun.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Pada September 2014, D.O. membuat debut aktingnya dengan peran pendukung dalam film "Cart". Kemudian di tahun yang sama, D.O. membuat debut layar kacanya memainkan peran pendukung dalam drama SBS "It's Okay, That's Love". Pada Juni 2015, D.O. tampil dalam drama KBS "Hello Monster" di mana dia memerakan karakter psikopat.

Pada Januari 2016, D.O. diumumkan sebagai salah satu pemeran pengisi suara untuk film animasi berdurasi panjang "Underdog". Kemudian pada bulan Februari, D.O. menjadi pemeran utama pria dalam film romantis "Pure Love". Pada November 2016, D.O. membintangi "Hyung", berperan sebagai atlet Judo tingkat nasional.

Pada 2017, D.O. membintangi film thriller komedi "Room No.7". Pada tahun yang sama, ia memainkan peran pendukung dalam film "Along With the Gods: The Two Worlds", adaptasi blockbuster dari webtoon dengan judul yang sama. Di tahun yang sama, D.O. meraih penghargaan Best New Actor di Blue Dragon Film Awards ke-38 untuk film "Hyung".

Pada 2018, D.O. membintangi "Swing Kids", sebuah film yang berlatar di kamp penjara di Korea Selatan selama Perang Korea. Pada tahun yang sama, ia berperan dalam drama "100 Days My Prince". Pada Mei 2019, D.O. dianugerahi penghargaan Popularity Award di Baeksang Arts Awards ke-55.

5. Kontroversi


Kontroversi

Sejak debutnya pada 2012 hingga sekarang, D.O. belum pernah sekali pun dililit kontroversi. Vokalis utama EXO itu dikenal memiliki imej dan reputasi yang bersih dan jauh dari skandal, bersama dengan kemampuannya yang mumpuni baik di bidang musik maupun akting. Menariknya pada 2013, Dispatch sempat menguntit D.O. untuk mengetahui dengan siapa ia berkencan tapi mereka tak mendapatkan hasil apa pun.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

D.O. memulai tugas wajib militer pada 1 Juli 2019 dan bertugas sebagai tentara aktif serta sempat membintangi musikal militer. Dia akan merampungkan tugasnya pada 25 Januari mendatang. Kabarnya, D.O. telah mendapat tawaran untuk membintangi seri ketiga dari film "Along with the Gods".

Selain itu, penggemar masih menantikan album solo D.O. di mana sejak debutnya hingga hari ini, penyanyi bersuara merdu itu belum pernah merilis satu pun album solo. Sebelum menjalani wajib militer, ia sempat merilis single berjudul "That's Okay". Semoga saja keinginan penggemar ini bisa kesampaian, ya.

You can share this post!

Related Posts