Wang Yibo Dikecam Imbas Dandan sebagai Orang Kulit Hitam di Film Baru
Instagram/yibo.w_85
Film

Wang Yibo dikecam lantaran berdandan sebagai orang kulit hitam atau menggunakan blackface dalam film terbarunya. Meskipun hanya sebatas peran, member UNIQ itu dianggap rasis.

WowKeren - Saat ini, Wang Yibo sedang aktif sebagai aktor di Tiongkok. Namun, idol yang debut sebagai member UNIQ itu baru-baru ini tersandung skandal rasisme karena perannya di film baru.

Pada Kamis (2/5/2024), beredar foto-foto Wang Yibo dari film terbarunya yang berjudul “Formed Police Unit” yang berujung pada tudingan rasisme. Dalam film barunya itu, sang idol dandan sebagai orang kulit hitam atau yang kerap disebut dengan blackface.

Secara khusus, karakter Wang Yibo punya misi untuk menyamar dan berbaur dengan masyarakat lokal saat melakukan misi di Afrika. Ia pun mengecat wajahnya dengan warna cokelat dan mengenakan dreadlock. Padahal, blackface sendiri sudah lama dianggap sebagai sikap tidak sopan dan rasis terhadap orang kulit hitam, mengingat sejarah tragis mereka yang kerap jadi korban perbudakan hingga eksploitasi di masa lalu.

Selain Wang Yibo, aktor “Formed Police Unit” lain juga memakai dandanan serupa saat berinteraksi dengan aktor kulit hitam. Mereka pun tak luput dari kecaman karena menunjukkan sikap tidak menghargai sejarah dan budaya etnis lain.

Wang Yibo Dikecam Imbas Dandan sebagai Orang Kulit Hitam di Film Baru

Source: X


Meskipun dikecam, Wang Yibo masih ada yang membela dengan dalih bahwa film itu berdasar kisah nyata pada misi perdamaian PBB. Kisah asli “Formed Police Unit” juga melibatkan materi penyamaran serupa.

Atas kontroversi ini, gelombang kemarahan kepada Wang Yibo semakin meningkat. Khususnya, netizen kulit hitam menyampaikan kekecewaan mereka terhadap tindakan ini.

"Wang Yibo adalah aib dan kuharap dia akhirnya mendapatkan konsekuensi yang pantas dia terima atas tindakan rasisnya," kata salah satu netizen. "Aku terus melihat beberapa orang mengatakan konteksnya tidak penting. Tentu saja, setidaknya sampai batas tertentu, bukan?" sahut netizen lain. "Tapi ketika aku menyebut orang-orang Asia sebagai boomer yang menghina masyarakat kita dan memata-matai, tampaknya saya adalah orang terburuk di muka bumi," imbuh yang lain.

"Wang Yibo, ayo akhiri karirmu sampai kamu tahu apa itu rasa hormat, lalu kamu bisa kembali," komentar seorang netizen. "Cara orang non-Amerika mendekati wajah hitam sangat menjijikkan karena tidak mungkin ini normal ?? bisakah aktor dan produser TOLONG melakukan riset sebelum melakukan hal seperti ini??" sambung netizen yang lain.

"Jika kamu bukan orang kulit hitam, jangan bicarakan hal ini jika kamu ingin membela orang ini. ini tahun 2024 dan topik seperti rasisme tersebar luas. orang harus tahu apa yang baik dan apa yang tidak sekarang," ujar lainnya.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait