Rhoma Irama Mendadak Berurusan dengan Hukum
Instagram/rhoma_official
Selebriti

Legendaris dangdut Haji Rhoma Irama mendadak harus berurusan dengan hukum usai lama tak ada kabar atau muncul di layar kaca TV. Lantas, apakah penyebabnya?

WowKeren - Rhoma Irama penyanyi dangdut legendaris yang dikenal dengan julukan Raja Dangdut tengah menyita perhatian publik setelah mengungkapkan ketidakpuasannya terkait penyalahgunaan teknologi AI oleh oknum tak bertanggung jawab. Melalui akun Instagram pribadinya, @rhoma_official, Rhoma menggambarkan bagaimana teknologi AI digunakan untuk memalsukan visual dan suaranya dalam beberapa iklan tanpa izin.

Buntut penyalahgunaan itu, Rhoma harus berurusan dengan hukum. Ayah Ridho Rhoma ini mengaku akan menempuh jalur hukum guna merespons tindakan tersebut. “Saat ini marak sekali penipuan yang menggunakan AI, yaitu kecerdikan palsu, dan ini sangat berbahaya untuk menipu orang,” tutur Rhoma dalam unggahannya pada Sabtu, 15 Juni 2024.


Tak hanya video palsu, Rhoma juga mengungkap adanya iklan palsu lainnya yang menggunakan fotonya dan suaranya untuk mempromosikan obat diabetes. “Yang kedua ada yang namanya obat untuk penyakit diabetes. Padahal hal ini tidak pernah terjadi, saya tidak pernah mempromosikan yang namanya obat gula itu,” jelas Rhoma.

Sekali lagi, Rhoma menegaskan bahwa penggunaan visual dan suara dirinya dalam iklan tersebut adalah penipuan yang harus diwaspadai oleh masyarakat. Untuk itu, Rhoma menyampaikan bahwa ia akan mengambil langkah hukum terhadap dua perusahaan yang diduga terlibat dalam penipuan ini.

”Ini tentunya sangat berbahaya sekali dan untuk jadi perhatian, hati-hati melihat iklan ini terutama iklan kedua itu iklan dua yang mengenai saya. Tolong diperhatikan bahwa itu bukan iklan saya dan saya akan menuntut secara hukum dua perusahaan ini,” ujar pelantun lagu ‘Mirasantika’ itu.

Terkait masalah yang tengah dihadapi ini, Rhoma banjir akan dukungan dari masyarakat. Banyak yang mendesak Rhoma untuk mengusut tuntas masalah ini dan memberi efek jera pada pelaku.

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait