Para Ilmuwan Galau Kembalikan Gelar Planet pada Pluto Atau Tidak
Nasional

Setelah melalui perdebatan panas selama puluhan tahun, akhirnya ukuran asli Pluto berhasil diketahui.

WowKeren - Sudah sejak lama para ilmuwan terus berdebat mengenai seberapa besar ukuran Pluto yang sesungguhnya. Berbagai pertanyaan pun muncul. Apakah Pluto cukup besar hingga bisa disebut planet?

Setelah melalui perdebatan panas selama puluhan tahun, akhirnya ukuran asli Pluto berhasil diketahui. Hal ini dikarenakan semakin dekatnya jarak pesawat luar angkasa New Horizons ke Pluto.

Berdasarkan data yang dikirim oleh New Horizons ke NASA, panjang garis tengah Pluto sekitar 2.370 km. Diameter ini tentunya lebih panjang sekitar 80 km dari yang diketahui oleh para ilmuwan sebelumnya.


Tak pelak, banyak pihak yang mengatakan bahwa gelar planet sebaiknya dikembalikan kepada Pluto. Kendati demikian, NASA maupun ilmuwan astronomi lainnya tak akan melakukannya.

Hal ini dikarenakan meskipun Pluto terbukti lebih besar, ukurannya tetap hanya sekitar 18,5 persen dari ukuran Bumi. Inilah yang membuat Pluto terlalu kecil untuk dikatakan sebagai planet. Mengingat masih banyak objek luar angkasa lain di tata surya yang memiliki ukuran sama.

Selain mengetahui ukuran Pluto, NASA juga berhasil mengetahui panjang garis tengah bulan Pluto yakni Charon. Charon diketahui memiliki diameter sekitar 1.208 km.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel