(Video) Salah Sebut Nama Ikan Tongkol, Bocah SD Ini Buat Jokowi Ngakak
Nasional

Simak kelucuan bocah polos tersebut saat mendapat jawaban kuis dari Jokowi di bawah ini.

WowKeren - Ada peristiwa menarik yang terjadi saat Presiden Joko Widodo membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada anak-anak panti asuhan, Kamis, 26 Januari di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat. Ketika hendak membagikan sepeda, Jokowi mengadakan kuis terlebih dulu untuk dijawab anak-anak yang berada di atas panggung.

"Sekarang coba maju yang ingin (sepeda) maju," kata Jokowi di acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) Tahun 2017 itu. Seorang siswa kelas IV SD bernama Maulana yang naik ke panggung dan mengatakan akan menerima KIP untuk membeli peralatan belajar.

"Hitung, 2 x 2 x 2 berapa?" tanya Jokowi memulai kuis. "Enam," jawab Maulana. Seisi ruangan tertawa. Karena Jokowi melihat si anak kesulitan, dia mengganti kuis perkalian dengan kuis penjumlahan. Ketika kembali ke kuis perkalian, Maulana masih belum tepat menjawab. Namun Maulana tetap mendapat sepeda dan seisi ruangan bertepuk tangan.


Giliran siswa kelas III SD bernama Ari naik ke panggung, Jokowi memberi pertanyaan soal kelautan. "Negara kita Indonesia, lautnya luas. Dua pertiga Indonesia adalah laut, samudera. Di laut ini kan banyak ikan, sebutkan empat saja nama ikan." kata Jokowi, memberikan kuis. "Ikan cere," jawab Ari disambut tawa seisi ruangan. Jokowi membenarkan yang dimaksud Ari adalah ikan lele. Ari kembali memberi jawaban jenis ikan kedua. "Ikan pa-us (paus)," imbuh Ari dengan pelafalan yang bikin tertawa. Ari kemudian kesulitan menyebut nama ikan selain dua di atas. "Ikan-ikananlah. Ikan teri," ucap Ari kembali membuat semua hadirin tertawa.

Ari kemudian menyebut satu lagi jenis ikan. Dengan pelafalan yang salah, jenis ikan itu disebutnya. Seisi ruangan tertawa, termasuk Jokowi. Berkali-kali Ari salah pelafalan. Namun Jokowi dengan sabar membenarkan pelafalan jenis ikan yang satu ini. "Ikan tongkol," kata Jokowi, meluruskan pelafalan bocah tersebut.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel