EXO-CBX Laporkan Petinggi SM Entertainment Terkait Tuduhan Penipuan
SPOTVNews
Selebriti

Konflik antara EXO-CBX dan SM Entertainment semakin memanas, melibatkan tuduhan penipuan ekonomi dan pelanggaran kontrak yang membuat penggemar penasaran bagaimana akhirnya.

WowKeren - EXO-CBX telah menyiapkan serangan balik kepada SM Entertainment. Kali ini, Baekhyun, Chen, dan Xiumin melaporkan para petinggi SM atas tuduhan penipuan.

Pada Rabu (26/6/2024), INB100 selaku agensi mengungkapkan bahwa pada 25 Juni, mereka bersama dengan EXO-CBX mengajukan gugatan terhadap co-CEO SM Entertainment, Lee Sung Soo dan Tak Young Joon, di Kantor Polisi Seongdong, Seoul.

Tuduhan yang diajukan adalah pelanggaran Undang-Undang Hukuman yang Ditingkatkan untuk Kejahatan Ekonomi Tertentu (Penipuan). Menurut INB100, SM telah berjanji untuk mendistribusikan konten yang direncanakan, dikembangkan, dan diproduksi oleh artis dengan biaya distribusi 5.5 persen, namun gagal memenuhi janji tersebut.

Pihak EXO-CBX juga menuduh SM mencuri keuntungan dengan menuntut 10 persen dari penjualan yang dihasilkan dari aktivitas hiburan pribadi para anggota sebagai royalti.

Tahun lalu, EXO-CBX memberi tahu SM Entertainment melalui perwakilan hukum mereka tentang pemutusan kontrak eksklusif mereka. Ketiga anggota tersebut mengklaim bahwa permintaan mereka untuk penyediaan data penyelesaian tidak diterima dan juga menyebut kontrak mereka sebagai "kontrak budak".

Dalam tanggapannya, SM menunjukkan adanya dugaan manipulasi dari pihak luar, yakni Big Planet Made Entertainment, di mana MC Mong berperan sebagai direktur internal. Namun, MC Mong membantah tuduhan tersebut.


Konflik ini sempat mereda ketika EXO-CBX dan SM mencapai kesepakatan, dan Baekhyun mendirikan labelnya sendiri, INB100, pada Januari tahun ini setelah kontrak eksklusifnya dengan SM berakhir. Namun, ketegangan kembali meningkat ketika INB100 mengadakan konferensi pers dan mendeklarasikan perang melawan SM.

Sebaliknya, SM mengajukan gugatan terhadap EXO-CBX, menuntut pemenuhan kontrak mereka, sementara EXO-CBX juga mengajukan gugatan terhadap SM yang mengklaim pembayaran yang belum dibayar.

Perkembangan terbaru mengenai gugatan EXO-CBX kepada pimpinan SM Entertainment ini menuai beragam reaksi dari netizen. Mereka

"Mereka benar-benar menuding orang lain padahal itu kesalahan mereka sendiri. Penggemar artis lain dari perusahaan pasti sangat kesal," kata salah satu netizen. "SM seharusnya tidak bersikap lunak terhadap mereka sejak awal. Sepertinya mereka tidak punya pengaruh apa pun sekarang. Keluarkan mereka dari grup dan anggota lainnya berpromosi sebagai EXO dengan damai," sahut netizen lain.

"Aku adalah seorang penggemarnya, namun aku sangat frustrasi dengan hal ini. Kuharap SM memblokir semua IP. Kuharap mereka memblokir semuanya karena mereka mencoba melakukan konser encore," imbuh yang lain.

"Seberapa jauh mereka akan begini? Bukankah para memberlah yang berbohong lebih dulu? Sepertinya mereka tidak memikirkan fans sama sekali," komentar seorang netizen. "Apa yang salah dengan mereka? Apakah mereka masih membicarakan keinginan untuk melakukan promosi grup? Aku bahkan lebih malu dibandingkan waktu yang terbuang untuk menyukai grup ini. Aku masih punya kenalan yang menganggap aku masih penggemarmu… huh," ujar lainnya.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait