Peran Goo Hara dalam Ungkap Kasus Burning Sun Ternyata Lebih Penting dari yang Terlihat
Instagram/koohara__
Selebriti

Mendiang Goo Hara terungkap punya peran yang lebih penting daripada kelihatannya dalam mengungkap kasus Burning Sun. Skandal besar di industri K-Pop ini diangkat kembali dalam dokumenter BBC.

WowKeren - Mendiang Goo Hara ternyata punya peran yang lebih penting daripada kelihatannya dalam mengungkap kasus Burning Sun. Padahal, member KARA itu berhubungan baik dengan salah satu tersangka yakni Choi Jong Hoon (Choi Jonghun) eks F.T. Island.

Pada Minggu (19/5/2024), dokumenter Burning Sun yang dirilis BBC menjadi viral karena investigasi mendalam dan belum pernah terungkap sebelumnya. Dokumenter itu menunjukkan peran Hara yang jauh lebih besar daripada yang pernah diperkirakan p-ublik.

Selama kasus Burning Sun bergulir, seorang jurnalis terkemuka (disebut Jurnalis Kang) menceritakan bagaimana Hara membantunya masuk lebih dalam mengenai grup chat mencurigakan Jung Joon Young dan kawan-kawannya termasuk Jonghun. Grup chat tersebut berisi teman-teman dekat Seungri yang kala itu sedang diselidiki terkait Burning Sun, dengan tuduhan penyedia layanan prostitusi dan masih banyak lagi.

Saat mencoba menguak kasus ini, Jurnalis Kang mengaku masih ingat jelas ucapan Hara ketika mereka pertama kali bicara via telepon. Ia mendapat tawaran langsung dari Hara yang notabene mengenal para pelaku.

“Nona Jurnalis (Kang), ini Hara. Saya benar-benar ingin membantumu. Orang-orang itu punya banyak hal mencurigakan di ponsel mereka. Apa yang anda katakan semuanya benar. Apa ada yang bisa saya bantu?” kata Hara pada saat ini.

Peran Goo Hara dalam Ungkap Kasus Burning Sun Ternyata Lebih Penting dari yang Terlihat

Source: The Qoo


Setelah Jurnalis Kang bertanya apakah Hara punya informasi tentang geng grup chat tersebut, penyanyi itu langsung menghubungi Jonghun. Kemudian, ia punya informasi lebih lanjut mengenai kasus ini.

Menurut Jurnalis Kang, Hara telah “membuka gerbang” untuk mengungkap skandal besar ini. Dari Hara, jurnalis itu mengungkap bahwa ada keterlibatan petugas polisi senior Yoon Gyu Geun yang membuat kasus ini semakin terpampang nyata.

“Hara adalah wanita yang sangat berani. Selama panggilan tersebut, dia juga mengaku, 'Kau tahu, aku juga korban dari revenge porn',” papar Jurnalis Kang. Mengenai peran Hara yang baru terungkap usai empat tahun kematiannya, netizen pun terenyuh. Mereka berterima kasih sekaligus sedih mengetahui bahwa orang yang berjasa mengungkap skandal seks terbesar K-Pop ini sekarang sudah tiada.

"Pasti sangat sulit baginya untuk berbicara tentang dirinya yang menjadi korban dan ingin membantu karenanya," kata salah satu netizen. "Aku minta maaf, Hara, kami tidak bisa melindungimu," sahut netizen lain. "Wow.....perbuatan yang luar biasa," imbuh yang lain.

"Hara-yah terima kasih...," komentar seorang netizen. "Huh kenapa dunia begitu kejam," sambung netizen yang lain. " Menurutku para pelaku Burning Sun, golden phone, dan pelaku revenge porn benar-benar lolos dengan hukuman yang terlalu ringan. Aku harap Goo Hara beristirahat dalam damai," ujar lainnya.

Sementara itu, Golden Phone merujuk pada grup chat Joon Young dan Jonghun cs yang berisi video pelecehan terhadap wanita. Dalam grup tersebut, mereka bertukar video tidak senonoh yang direkam sendiri tanpa persetujuan korban. Selain video, mereka berkomplot untuk membuat korban tak sadarkan diri untuk diperkosa.

Setelah diadili, Joon Young dijatuhi hukuman enam tahun penjara dan Jong Hun enam tahun penjara usai dinyatakan bersalah atas tuduhan perkosaan. Jong Hun bahkan rencananya akan kembali ke industri musik setelah keluar dari penjara.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait