Tidak Baik Bagi Penderita Insomnia, Ini 10 Makanan yang Bakal Bikin Kalian Sulit Tidur
Shutterstock
Health

Apa kalian pernah berusaha tidur cepat tapi malah tak bisa terlelap? Mungkin disebabkan karena makanan ini.

WowKeren - Gangguan tidur merupakan salah satu hal yang menyebalkan. Kalian pasti pernah mengalami sudah berencana untuk cepat tidur namun malah tidak bisa terlelap? Sulit tidur akan menyebabkan keesokan harinya tidak segar saat menjalani aktivitas.

Susah tidur atau sering disebut insomnia disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari kebiasaan buruk hingga makanan. Buat kalian yang tidak mengetahui, makanan yang dikonsumsi juga bisa menjadi salah satu faktor insomnia, lho.

Nah, kira-kira apa saja ya makanan yang bikin susah tidur? Simak di bawah ini agar dapat dihindari, yuk.

(wk/nris)

1. Teh Hijau Rupanya Bikin Sulit Tidur


Teh Hijau Rupanya Bikin Sulit Tidur

Sering konsumsi teh hijau demi alasan kesehatan? Nah, sebaiknya hindari teh hijau ketika masuk waktu tidur. Pasalnya, kandungan kafein, theibromine dan teofilin bisa menyebabkan detak jantung meningkat dan menimbulkan rasa cemas.

Nah, jika tubuh dalam kondisi tersebut, maka akan mengalami kesulitan tidur. Maka sebaiknya, kalian mengonsumsinya pada pagi atau sore hari sehingga tidak mempengaruhi aktivitas tidur kalian nantinya.

2. Kafein Pada Kopi Bakal Bikin Susah Tidur


Kafein Pada Kopi Bakal Bikin Susah Tidur

Selain teh, kopi juga diketahui memiliki kandungan kafein yang sangat kuat. Minuman satu ini memang menjadi teman yang paling baik untuk begadang. Kafein dapat menstimulasi pergerakan saraf sehingga menimbulkan peningkatan energi ekstra. Nah, bagi penggemar kopi, kalian lebih baik mengonsumsinya 4 jam sebelum waktu tidur.

3. Jangan Konsumsi Makanan Pedas Sebelum Tidur


Jangan Konsumsi Makanan Pedas Sebelum Tidur

Sensasi panas dan pedas dari kandungan capsaicin dalam cabai dapat meningkatkan suhu tubuh yang membuat tidak nyaman. Nah, hal ini lah yang membuat makanan pedas dapat membuat kulit tidur lantaran suhu tubuh seharusnya menurun di malam hari.

Selain itu, mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan sakit perut, lho. Kalian mungkin akan terbangun karena bolak-balik ke toilet untuk buang air besar. Tidur menjadi tidak berkualitas.

4. Makanan Manis Memicu Insomnia


Makanan Manis Memicu Insomnia

Tak hanya makanan pedas, kuliner manis juga dapat menyebabkan sulit tidur. Perlu kalian ketahui bahwa gula melonjak karena sistem pencernaan bekerja lebih lambat untuk memecah glukosa sepanjang malam.

Selain itu, makanan manis dapat meningkatkan gula darah dalam darah dan membuat tubuh lebih berenergi. Makanan manis juga akan menyebabkan kalian merasa haus dan minum terus menerus.

5. Brokoli Akan Meningkatkan Gas Pada Perut yang Membuat Tidak Nyaman


Brokoli Akan Meningkatkan Gas Pada Perut yang Membuat Tidak Nyaman

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki serat tinggi. Serat dalam jumlah besar akan bergerak lambat melalui sistem pencernaan. Hal ini akan membuat sistem pencernaan bergerak lebih ekstra pada malam hari dam membuat tubuh terjaga.

Tidak berhenti di situ, brokoli juga merupakan makanan yang memproduksi gas dalam perut yang membuat tidak nyaman. Maka sebaiknya hindari konsumsi brokoli dalam jumlah berlebih pada malam hari sebelum tidur.

6. Alkohol Tidak Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur


Alkohol Tidak Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

Alkohol disebut sebagai obat nomor satu yang digunakan untuk tidur. Hal tersebut memang benar. Namun, alkohol membuat tidur tidak berkualitas. Minuman ini dapat mengganggu tahap selanjut dari tidur. Selain itu, alkohol membuat tubuh dehidrasi karena terganggunya tingkat serotonin yang menyebabkan sulit tidur.

7. Makanan Berlemak Tinggi


Makanan Berlemak Tinggi

Makanan berlemak tinggi akan membuat pencernaan bekerja keras sebelum tidur. Maka akan terjadi peningkatan resiko heartburn yakni asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan. Makanan seperti ini lebih baik tidak dikonsumsi saat mendekati jam tidur, ya.

8. Hindari Makan Ayam Goreng Malam Hari


Hindari Makan Ayam Goreng Malam Hari

Apa kalian tahu bahwa ayam goreng tidak baik jika dikonsumsi ketika malam hari. Protein dalam ayam akan dicerna lebih lambat dalam tubuh. Tubuh akan fokus untuk mencerna, bukannya beristirahat. Kalian akan kesulitan untuk tidur.

9. Minum Terlalu Banyak Air Saat Malam Hari Tidak Baik


Minum Terlalu Banyak Air Saat Malam Hari Tidak Baik

Meminum terlalu banyak air sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur kalian. Konsumsi air akan mengakibatkan seseorang terbangun karena insentitas buang air kecil meningkat. Hal ini tentunya membuat kalian kekurangan waktu tidur.

10. Jangan Konsumsi Bawang Bombay Sebelum Tidur


Jangan Konsumsi Bawang Bombay Sebelum Tidur

Sama seperti brokoli, bawang bombai juga dapat menyebabkan gas dan perut kembung karena mengandung serat yang disebut fruktan. Tekanan gas ini dapat menyebabkan refluks asam lambung yakni kondisi tidak nyaman lantaran asam lambung mengalir ke tenggorokan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait