Kerja Sama IVE dengan Minuman Berkarbonasi Ramai Diboikot
X/IVEstarship
Selebriti

IVE baru saja merilis teaser ‘Summer Festa’ yang merupakan kolaborasi dengan minuman berkarbonasi Pepsi. Gerakan boikot terhadap kerja sama ini berlangsung sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina.

WowKeren - Baru-baru ini, diumumkan bahwa IVE akan merilis lagu berjudul “Summer Festa” dalam kerja sama dengan Pepsi. Teaser resmi untuk lagu ini telah dirilis pada 26 Juni 2024, dengan jadwal peluncuran resmi pada 28 Juni 2024.

IVE, yang berada di bawah manajemen Starship Entertainment, telah memiliki hubungan kolaboratif dengan Pepsi selama beberapa tahun. Sejak tahun 2019, beberapa lagu K-pop telah dirilis dalam kolaborasi dengan Pepsi, seperti “Taste Of Korea” yang menampilkan Rain, MONSTA X, Brave Girls, dan ATEEZ.

Namun, tidak semua penggemar menyambut gembira kolaborasi ini. Banyak dari mereka yang merencanakan untuk memboikot rilis lagu baru IVE. Boikot ini dipicu oleh kepemilikan PepsiCo atas SodaStream.

SodaStream, yang dikenal memproduksi mesin pengkarbonasi untuk minuman rumahan, berdomisili di Israel dan pernah didirikan di Inggris. PepsiCo mengakuisisi perusahaan tersebut pada 2018. Dalam daftar resmi konsumen pro-Palestina BDS Movement, SodaStream disebut sebagai salah satu perusahaan yang harus diboikot.

Kerja Sama IVE dengan Minuman Berkarbonasi Ramai Diboikot

Source: X


Menurut BDS Movement, “SodaStream secara aktif terlibat dalam kebijakan Israel yang menyingkirkan warga Bedouin-Palestina di Naqab (Negev). Mereka juga memiliki sejarah panjang tentang perlakuan buruk dan diskriminasi terhadap pekerja Palestina.”

Karena alasan inilah, banyak penggemar menunjukkan rencana memboikot rilis lagu tersebut dan kemarahan terhadap Starship Entertainment atas kolaborasi ini.

Di media sosial, para penggemar mencurahkan kekecewaannya. Mereka menyuarakan boikot sekaligus tetap mendukung para member.

“DIVE jangan lupa bahwa Pepsi mendanai genosida. persetan dengan kapal luar angkasa karena berkolaborasi dengan mereka,” kata salah satu netizen. “Betapapun kita mencintai kelima gadis kita, kita juga harus mewaspadai situasi saat ini,” sahut netizen lain. “Dan kita akan memboikot. Para penggemar Kpop harap diingat bahwa Starship dan pepsi telah berkolaborasi selama bertahun-tahun. Ini bukan salah IVE,” imbuh yang lain.

Penting untuk diingat bahwa meskipun industri musik K-pop dan kolaborasi mendatangkan banyak keuntungan dari segi popularitas dan pendapatan, isu etika dan politik dapat mempengaruhi pandangan dan dukungan para penggemar. Melihat respon ini, Starship Entertainment mungkin perlu mempertimbangkan dampak dari kolaborasi ini bagi citra artis dan perusahaan dalam jangka panjang.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait